Bandung: Kegiatan Jaga Kebersihan di Masjid Al Jabbar


                Sudah baca cerita Bekasi kemarin? Masih berlanjut ya sesuai janji saya. kali ini cerita kemarin di Al Jabbar bareng Rubin dalam rangka menyuarakan kegiatan positif dan sosialisasi tentang kebersihan. Tentunya, Masjid sebagai tempat beribadah harus bersih, namun Masjid Al Jabbar yang juga jadi masjid wisata di Bandung mendatangkan banyak pengunjung setiap harinya. Sedangkan kebersihan di sana tidak terjaga karena kesadaran kita sebagai masyarakat umum yang dangkal juga.

                Kegiatan ini diadakan Rubin untuk bantu mengsosialisakan kesadaran menjaga kebersihan di Masjid AL Jabbar. Kegiatan dimulai dengan pembentukan kelompok kecil yang diposisikan di beberapa titik untu mengajak pengunjung ikut menjaga kebersihan dan membuang sampah milik mereka te tempat-tempat sampah yang tersedia.

                Salah satu hal yang bikin greget tuh, kebanyakan pengunjung kaya acuh aja, kaya gak ada beban. Manusia memang tempatnya salah, namun manusia juga harus sadar dengan kesalahannya. Kami berlomba untuk terus bersuara mengingatkan pengunjung dengan adab-adab baik tentunya. Alhamdulillah, banyak juga yang tersadar dan langsung membuang sampahnya. Gak hanya itu, karena sampah yang berserakan itu bukan milik kita, jadi orang-orang berpikir gak perlu bantu pungut dan buang. Padahal itu satu kebaikan yang bernilai besar. Selain sosialisasi, kami pun secara berkelompok menyisir kawasan Masjid dan ikut membersihkan sampah yang berserakan. Banyak yang tergerak untuk ikut melakukan hal yang sama.

          

                Kesadaran itu memang harus datang dari diri sendiri. Tugas kita hanya saling mengingatkan saja. Semoga makin banyak orang yang tergerak dan sadar dengan kondisi seperti ini. Sebab, pembangunan Masjid atau bangunan apapun itu, bukan untuk jadi tempat pembuangan sampah. Ditambah, pengunjung Masjid Al Jabbar ini sangat banyak. Bahkan sampai macet keluar jalan utama. Memang akses jalannya kecil. Makanya harus ada peraturan baru agar hal-hal seperti ini terselesaikan.

                Khususnya, semoga kegiatan seperti ini makin banyak dan makin berdampak. Semoga orang Indonesia bisa jauh lebih peduli, bukan hanya pada sesama tapi pada lingkungan juga. Orang indonesia terkenal ramah terhadap sesama manusia, tapi jangan sampai tak ramah terhadap lingkungan. Mari kita jaga dan cintai bumi kita ini.

Comments

POPULAR POSTS

ASUS ExpertBook B3 Flip, Laptop Convertible Unggul Dengan Konektivitas 4G LTE

Menikmati Sudut Kota Bandung

ASUS ExpertBook B7 Flip, Laptop dari ASUS yang Didukung Konektivitas 5G Dan Performa Kencang Untuk Para Profesional