Garut : Sehari Mengurusi Peternakan Telur Ayam

 

                Perjalanan kali ini masih di Garut, tetapi beda wilayah. Tujuan perjalanan ini adalah untuk mengantar keponakan yang akan melaksanakan kegiatan pembinaan di daerah Bayongbong, Garut. Perjalanan sekitar satu setengah jam ini dihadapi dengan lancar bertemankan cayaha mentari pagi yang hangat.

                          

                Berhubung pergi ke Garut, kami ingin sekalian bersilaturahmi ke salah satu keluarga yang ada di sana. Sebab, yang ikut pembinaan hanya keponakan saya saja, kan. Pada akhirnya perjalanan dilanjutkan menuju pedesaan di daerah Bayongbong. Desa ini merupakan tempat tinggal  kakak saya setelah menikah. Setibanya, kami berkumpul dan menghabiskan waktu dengan obrolan sembari melepas rindu karena sudah lama tak bertemu. Apalagi, ibu saya juga ikut, pasti sangat ingin bertemu dengan anaknya.

                Salah satu minat saya untuk ikut ke Garut kali ini, sebab penasaran dengan peternakan ayam yang dikelola oleh keluarga dari suami kakak saya di Bayongbong, di samping keinginan pergi menyegarkan pikiran. Meskipun sebenarnya peternakan ayam bukan sesuatu yang aneh juga, tapi saya belum pernah punya pengalaman hidup dalam mengetahui seluk-beluk tentang ternak ayam itu seperti apa.

                Sebelum kami pergi ke tempat peternakan, kami beristirhat dulu melepas lelah dengan teh manis dan gorengan. Terasa berbeda suasana Garut ini dengan Garut Utara tempat saya tinggal. Kalau di temat tinggal saya di Utara, suhunya terasa lebih panas, terlebih karena dekat jalan raya dan pasar. Sehingga, waktu libur ini terasa lebih berarti dan nyaman.

                Setelah itu, kami pergi menuju peternakan. Jaraknya tak jauh, jalan kaki pun tak akan terasa sebab suguhan pemandangan gunung dan sawah tergambar jelas dihadapan saya. Setelah sampai, langsung terasa suasana perkandangan dengan suara-suara ayam yang saling bertukar nyanyian.  Sangat nyaman sekali tempatnya, meski kecil tapi pemandangannya tak kalah hebat. Peternakan ayam ini merupakan peternakan telur ayam, jadi memang untuk dijual kembali hasil telurnya. Bukan ayam kampung untuk dicari dagingnya.


 



                Kami duduk sebentar sembari melihat sekeliling sebelum masuk kandang ayam. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan, soalnya kandang ayam itu tempat kotor, jadi harus hati-hati. Tak lupa untuk pakai masker, sebab aromanya kurang nyaman, meski tak sebegitu bau. Saya pun mencoba untuk melihat sekeliling kandang. Ada beberapa lorong, tapi isinya jelas hanya ayam. Aku menganga, sebab ternyata telur mata sapi yang biasa ini kita makan, awalnya itu diambil dari tempat seperti ini. Saya minta izin untuk mengumpulkan telur-telur yang sudah ada. Banyak sekali jumlahnya. Saya pun mengumpulkan satu per satu hingga tray telur itu terisi penuh. Pengalaman sederhana yang berkesan sih.

 \

                Setelah itu, saya menyimpannya di gudang. Tumpukan telur memenuhi seisi gudang. Sangat menyenangkan. Saya kembali ke depan dan ikut mengobrol di sana. Obrolan kami ditemani dengan goreng singkong kesukaan saya. Nikmat sekali sembari melihat pegunungan di depan saya.

                Akhirnya, kami pulang kembali dengan sekantong telur. Biasanya, kakak saya suka membuat kue karena banyak telur. Dan, kali ini aku yang buat kue, meski gak terlalu jago baking, tapi oke lah untuk hasilnya. Sembari menghabiskan waktu untuk menunggu keponakan saya selesai dengan acaranya, saya menghabiskan waktu dengan membuat kue.

                Setelah hari semakin sore, kami pun pulang untuk menjemput keponakan pulang dari acara pembinaannya. Sebelum perjalanan berakhir kami menyempatkan untuk mampir menikmati semangkuk bakso di Bakso Kiara. rasa kuah yang gurih dengan tekstur bakso urat yang garing menambah kehangatan dimalam itu, terlebih kala itu hujan cukup deras. tempat yang luas dan harga yang murah menjadi keunggulan Bakso kiara selain rasanya yang enak. Setelahnya, kami pun mengakhiri perjalanan dengan pulang ke rumah.

   

Comments

POPULAR POSTS

ASUS ExpertBook B3 Flip, Laptop Convertible Unggul Dengan Konektivitas 4G LTE

Menikmati Sudut Kota Bandung

ASUS ExpertBook B7 Flip, Laptop dari ASUS yang Didukung Konektivitas 5G Dan Performa Kencang Untuk Para Profesional