Pengalaman Berbagi Cerita Dengan Mahasiswa Malaysia dari University of Malaya


  

               Halo Paradulur! Tak kerasa sudah bertemu lagi dengan bulan Maret. Dua bulan terakhir dapat jadwal magang di Bekasi, sudah puas keliling Jabodetabek. Hari ini balik lagi dan buka lembaran baru di semester baru. Udah deket aja sama semester akhir.

               Pulang dari Bekasi dijemput keluarga yang juga sekalian bersilaturahmi ke rumah kakak yang di Bekasi, diakhir Februari setelah penutupan di Pengadilan, langsung pulang ke Bandung karena hari seninnya sudah masuk kelas. Tapi, ada yang aneh, tapi nyata. Saya dipilih sebagai delegasi untuk pertemuan Bersama mahasiswa dari Malaysia, ada acara seminar tentang salah satu mata kuliah yang digunakan sebagai materi utama di dua kampus ini. Secara gak langsung, kita bakal ketemu mahasiswa Malaysia dari University of Malaya di kampus. Dan, jadwalnya di hari pertama masuk kampus. Duh! Paling aneh lebih kea rah, kenapa pilih saya? Apa dari ratusan mahasiswa, tidak ada pilihan yang lebih oke, saya mulai bimbang dan panik. Sebab, sedikit punya pengalaman seperti ini.

               Setelah dipikir dan menolak pun, saya tetap dinyatakan harus ikut kegiatan tersebut, entah ini rekomendasi atau apa. Sudahlah. Di hari senin pertama, akhirnya bertemu dengan para tamu undangan. Kami berkenalan dengan para perwakilan Malaysia dan bertukar cerita tentang kebiasaan-kebiasaan kami sebagai mahasiswa. Tak jauh berbeda, tapi banyak yang beda.

               Acara seminar dimulai dan berlangsung selama dua hari, salah satu sesinya pun setiap mahasiwa bisa membagi sedikit ilmu di prodi masing-masing untuk dibagikan, begitu sebaliknya dengan mahasiswa Malaysia. Saya jadi tahu beberapa perbedaan mendasar dari proses dan cara mahasiswa kita menyampaikan dan menerima suatu pengetahuan sebagai mahasiswa. Banyak sekali pengalaman dan kesan yang tak terlupakan selama dua hari itu, yang awalnya takut dan panik harus berbuat apa, akhirnya tak seburuk itu juga, pengalaman kaya gini gak bisa semua orag dapatkan.

               Di hari terakhir, kami mengajak semua mahasiswa Malaysia untuk berkeliling kampus, mengetahui sudut-sudut kampus yang belum pernah mereka jajaki sebelumnya. Seru banget! Mereka yang pertama kali lihat kebiasaan-kebiasaan yang berbeda, kayanya ada sedikit shock culture-nya dari raut mereka. Dalam hal positif tentunya.

               Dia akhir sesi, kami foto bersama dan melakukan perpisahan. Agak sedih, meski dua hari itu sebentar, tapi perkenalan kita kaya udah lama banget. Jarak memang memisahkan kita semua, dan Sebagian dari kita harus pergi. Saya harap bisa bertemu lagi, bahkan punya kesempatan untuk terbang ke Malaysia dan bertemu mereka dalam kegiatan apapun, gak harus sama. Semoga~

               Enjoy your day!

Comments

POPULAR POSTS

ASUS ExpertBook B3 Flip, Laptop Convertible Unggul Dengan Konektivitas 4G LTE

Menikmati Sudut Kota Bandung

ASUS ExpertBook B7 Flip, Laptop dari ASUS yang Didukung Konektivitas 5G Dan Performa Kencang Untuk Para Profesional