Banten: Berkunjung ke Pulau Merak, Ujung Barat Pulau Jawa

Sudah berlalu satu minggu semenjak balik lagi ke Bekasi. Karena ini weekend dan ada tambahan waktu libur dari praktikum, saya mau exlpore lagi. Kali ini memenuhi janji saya untuk berkunjung ke Banten satu tahun lalu, ditambah masih ingat gak sama gagal ke Pantai Cipatujah? Kali ini mau ke pantai lagi, tepatnya ke Merak. Tapi, transit dulu ke rumah teman di Cilegon.

Sabtu pagi saya langsung ke stasiun terdekat. Lagi-lagi berkat video trip murah di TikTok. Tujuan pertama, ke Tanah Abang buat transit. Tapi, sesampainya di Tanah Abang, aku keliling dulu dikit, pengen tahu pasarnya kaya gimana. Beneran gede dong, pusat pakaian ini mah. Ga ada jajanan apa gitu. Setelah keliling, saya pilih buat makan ketoprak dulu. Ketprak Betawi yang bumbunya legit banget.

Setelah dekat waktu keberangkatan, saya balik ke stasiun dan ambil keberangkatan ke Rangkas Bitung. Anyways, ini masih KRL ya, berakhir di Rangkas Bitung. Dua kali naik, saya Cuma habis 11 ribu. Dilanjut dengan kereta lokal Merak, saya turun di Cilegon. Paling murah sepengalaman saya, kereta ini Cuma 3 ribu doang. Parah. Padahal ke Merak tinggal lanjut kurang dari sejam. Tapi, saya mampir dulu ke rumah teman. Soalnya bakal ke Pantai bareng dia besoknya. Ongkos Cuma habis sekitar 20 ribu aja total-total. Wishlist pertama selesai. Saya bisa berkunjung ke rumah teman saya sesuai janji, meski telat setahun. Tinggal besok ke Merak untuk penuhi keinginan saya lihat laut lagi.

Besoknya, kami berangkat ke Merak. Perjalanan sekitar satu jam. Awalnya mau ke pulau Merak Besar kalau pakai kereta lagi, soalnya berhenti dekat sana. Tapi, akhirnya pulau Merak Kecil. Tiket masuk 22 ribu, include parkir, perahu penyebrangan sama uang sampah. Ingat kemarin pas menyebrang Situ Panjalu. Tapi sekarang laut. Bahagia banget. Beneran. Kaya puas aja gitu, kemarin gagal sekarang berhasil. Sesuatu yang memang bukan hak kita, bakal Allah ganti dengan sesuatu yang jauh lebih layak buat kita. Itu sih pelajaran yang didapat dari perjalanan kali ini. Sekitar 2 jam lebih puas-puasin keliling pulau. Akhirnya, wishlist kedua tercapai.

Pulangnya, kami makan dulu. Cari makanan yang dekat saja. Laparnya gak ketolong. Hahaha. Setelah itu, perjalanan dilanjut ke Masjid Raya Banten. Kami menikmati perjalanan menuju sore dan pulang dengan kenyang, kenyang karena semua keinginan terbayarkan.

Setelah semua tercapai, saatnya balik ke Bekasi. Masih banyak tugas menanti. Saya berpamitan di hari besoknya, lalu pulang dengan transportasi yang sama seperti berangkat. Ada hikmahnya juga bisa dapat Bekasi sebagai tempat praktikum. Pokoknya, sangat mengesankan. Next, teman-teman saya yang harus datang ke Garut. Harus pokoknya! Sampai jumpa lagi.

POPULAR POSTS

ASUS ExpertBook B3 Flip, Laptop Convertible Unggul Dengan Konektivitas 4G LTE

Menikmati Sudut Kota Bandung

ASUS ExpertBook B7 Flip, Laptop dari ASUS yang Didukung Konektivitas 5G Dan Performa Kencang Untuk Para Profesional