Sederhana di Hari Kemerdekaan

 Dirgahayu Republik Indonesia ke-75

Tepat hari ini,  tanggal 17 Agustus merupakan hari kemerdekaan negara kita tercinta. Sudah menjadi tradisi, setiap kali memasuki 17 Agustus, akan ada perayaan sebagai bentuk penghormatan untuk para leluhur kita yang telah mengerahkan seluruh jiwa dan raga untuk kemerdekaan bangsa ini.

Tahun ini, kita dihambat dengan menyebarnya virus COVID-19. Kegiatan-kegiatan kita sedikit terganggu karenanya, baik bersifat pribadi ataupun bersama, seperti peringatan hari kemerdekaan. Biasanya, sering diadakan arak-arak ke Alun-alun untuk Upacara bersama. Tak lupa berbagai permainan diadakan untuk memeriahkan hari tersebut. Salah satunya panjat pinang.

Meski demikian, semua orang tetap merayakan hari kemerdekaan kali ini dengan cara masing-masing. Alhamdulillah, saya tinggal di tempat yang aman dari penyebaran virus. Meski tak semeriah tahun-tahun sebelumnya, kami masih bisa mengadakan acara sederhana yang suasanannya tak kalah meriah.

Perayaan tahun ini diisi berbagai macam perlombaan anak yang mengasyikan. Mulai lomba balap karung sampai makan krupuk tak ketinggalan jadi bagian. Anak-anak berkumpul bersama ditengah lapang, saling mendaftar untuk mengikuti setiap perlombaan.  

Satu demi satu perlombaan diikuti para peserta. Tak lupa, panjat pinang yang menjadi andalan tetap diadakan meski terlihat seadanya. Itu pun para anak santri asrama yang inisiatif. Kalau panitia agustusan kampung saya tak mengadakan lomba panjat pinang untuk tahun ini.

Kegiatan perayaan 17 Agustus tahun ini, meski sederhana namun tak mengecewakan.





Tak jarang saya mendengar obrolan ringan orang-orang yang menyayangkan perayaan kali ini tak bisa seperti tahun lalu. Padahal, seharusnya kita memperbanyak rasa syukur, kita masih bisa merasakan nikmatnya berkumpul merayakan kemerdekaan.

Beberapa foto Agustusan tahun lalu.






Namun, meski begitu yang harus kita sadari dan tanamkan, bahwa semua ini bukan hanya untuk kesenangan semata. Melainkan, bukti cinta kita serta rasa syukur atas kemerdekaan yang telah kita dapat. Semoga seperti apapun perayaan yang kini sedang kita lakukan, harapannya selalu ada doa serta usaha untuk membangun indonesia yang lebih baik. terkhusus, membangun diri mejadi pribadi yang lebih baik lagi.

Comments

  1. Menarik artikelnya. Ternyata perayaan kemerdekaan cukup meriah juga. Di banyak tempat malah ada yang ditiadakan dulu. Ada juga melakukan perlombaan virtual jadi kayak main gim online aja

    ReplyDelete
  2. Setuju kemerdekaan pun bisa dirayakan dng cara sederhana yaitu tidak membuat kerumunan dan patuh pd protokol kesehatan ya kak, untuk kebaikan bersama

    ReplyDelete
  3. Setuju dengan paragraf terakhir. Karena selama ini perayaan lebih banyak terlihat seperti bersenang2 yang saya bingung maknanya apa sebenarnya. Sekarang kita ditantang memaknai kemerdekaan dalam kesederhanaan.

    ReplyDelete
  4. Daerah nya zona hijau ya kak..? Alhamdulillah ya, jd tetep bisa seru2an lomba 17an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah. Tambah lagi daerah perkampungan.

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. dirgahayu Indonesiaku, semoga kembali membaik dan buminya kembali sehat, pandemi segera berakhir, perekonomian kembali pulih, dan rakyatnya menjadi sejahtera, pendidikan dan keadilan merata bagi seluruh kalangan, aamiin, proud to be Indonesian

    ReplyDelete
  7. Sekarang Balubur Limbangan, Garut meniadakan karnaval keliling di kecamatan. Ini adalah bagian dari kehidupan yang berubah.
    Setidaknya acara kecil di kampung bisa tetap jadi penyemangat.
    Semoga Garut tidak berubah zona. Tetap ada rasa khawatir karena kita ingin kota kecil ini bisa beraktivitas normal dan warganya hidup tenteram.

    ReplyDelete
  8. Betul, kita tidak boleh lupa untuk bersyukur atas kemerdekaan yang telah diperoleh, kita bisa hidup dan beribadah dengan baik, berekonomi, membangun, dll...

    ReplyDelete
  9. Wahhh sangat meriah sekali yah, saya pas 17an tetap dirumah saja sambil menonton youtube untuk melihat kemeriahan di berbagai wilayah. 17an saat ini tidak seperti biasanya, yah mau gimana lagi. Pandemi ini membatasi semua gerak kita baik keluar rumah, atau melakukan kegiatan yang berkaitan dengan orang banyak...

    ReplyDelete

Post a Comment

POPULAR POSTS

ASUS ExpertBook B3 Flip, Laptop Convertible Unggul Dengan Konektivitas 4G LTE

Menikmati Sudut Kota Bandung

ASUS ExpertBook B7 Flip, Laptop dari ASUS yang Didukung Konektivitas 5G Dan Performa Kencang Untuk Para Profesional