Pandemi Corona: Di Rumah Aja jadi Gak Membosankan



Banyak media-media yang memberitakan seputar virus yang sedang menjangkiti bumi ini. Yap, virus corona atau kita mengenal dengan COVID-19. Virus yang diketahui berasal dari salah satu daerah di China Desember 2019 lalu ini sedang ganas-ganasnya menyerang tubuh kita. Bahkan, dengan adanya pandemi ini, banyak hal yang sengaja dibatalkan demi mengantisipasi terhadap penyebarannya yang dianggap sangat cepat.
Beberapa waktu lalu, Indonesia dinobatkan sebagai negara yang bersih dari corona. Namun ternyata, takdir berkata lain. Saat berita menyebutkan seseorang positif terkena corona, satu demi satu kasus corona muncul ke permukaan. Akhirnya, pemerintah pun membuat aturan-aturan baru  sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus ini. Salah satunya adalah physical distancing.
Apaan tuh?
Baca-baca di internet, physical distancing merupakan sikap menjaga kontak fisik dengan orang lain, soalnya virus ini menular antar manusia, salah satunya melalui kontak fisik. Makanya, kita dituntut untuk menjaga jarak dengan orang disekitarnya. Bukan hanya itu, kita pun dituntut untuk berdiam diri di rumah sebagai upaya lain agar virus ini tak menular dengan cepat. Sampai-sampai dibuatkan hashtag khusus, #dirumahaja dan digunakan di berbagai media sosial untuk saling mengingatkan.
Jika dipikir-pikir memang ada benarnya. Pemerintah bukan sembarangan meminta masyarakat melakukan satu hal kalau tidak ada fungsi dan manfaatnya. Karena penyebaran corona dianggap sangat cepat, dengan menjaga jarak kita bisa meminimalisir penularan, juga tim medis yang sedang bekerja membantu para korban tak akan terlalu terbebani karena korban yang terinfeksi masih dalam jumlah yang mampu diatasi.
Lalu apa yang bisa kita lakukan saat hanya di rumah saja? Tentu banyak dong.
Karena dampak dari pada pandemi ini mempengaruhi seluruh negeri, sampai banyak kegiatan-kegiatan harian yang biasanya dilakukan terpaksa dihentikan. Bukan hanya itu, kegiatan rekreasi pun harus dibatalkan, sekolah diliburkan serta tempat-tempat wisata ditutup sementara, termasuk pusat perbelanjaan dan mall. Sampai-sampai orang yang hajatan pun ikut dibubarkan. Haduh. Saya pun mengalami hal yang sama, saat semua jadwal kegiatan bulan ini serta rencana-rencana kedepan terpaksa harus dibatalkan. Dan akhirnya, berdiam di rumah menjadi sebuah keharusan. Kalian sama, gak?
Tentu sangat membosankan berdiam di rumah tanpa ada hiburan, libur pun bukannya jadi bebas liburan. maka dari itu saya akan memberikan beberapa tips untuk mengurangi rasa bosan kita selama masa self quarantine ini.
Dalam masa karantina ini, kita bisa beristirahat sejenak dari beban hidup yang begitu berat sekali. Ini adalah waktu yang tepat untuk menikmati waktu-waktu yang tersita bersama keluarga di rumah.


Selain itu, hal lain yang bisa dilakukan adalah belajar menjaga kebersihan serta kesehatan. Salah satunya dari makanan. Kita bisa mencoba untuk belajar memasak resep-resep sehat untuk meningkatkan imun tubuh, karena dalam masa-masa seperti ini makanan sehat sangat dibutuhkan, sehingga kita tak mudah tertular.
Makanan sehat wajib coba.
Sup telor yang keliatannya menakutkan, tapi rasanya bikin nagih.

Lagi, kita bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan hiburan yang bermanfaat seperti membaca buku, menulis cerita dan tulisan lain, ataupun menonton film dan drama. Dan yang terpenting jangan lupa untuk belajar dan mengerjakan tugas sekolah ataupun menyelesaikan pekerjaan kantor yang terpaksa dibawa ke rumah. Ingat! Itu kewajiban.
Serta, jangan lupa untuk tetap aktif berolahraga. Di rumah saja cukup kok. Kita bisa ikut joget-joget kaya artis Korea, yang penting tetap gerak, kan? Karena, meski berdiam diri di rumah bukan berarti kita haya diam tak tentu tujuan. Pastinya, tetap produktif, aktif dan protektif.
Kita pun tak perlu risau karena diam di rumah jadi tak bisa kemana-mana. Kita tetap bisa bepergian keluar jika memang ada urusan yang sangat penting. Namun, perlu kita perhatikan adalah perlindungan diri agar tak terlalu berdekatan dalam kerumunan. Tapi, jika niat keluar kita untuk sekedar rekreasi atau kurang penting, saya rasa mending ditunda dulu. Takutnya terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Jangan lupa untuk membersihkan diri dan mengganti pakaian sepulang dari perjalanan.
Jadi, banyak hal yang bisa kita kerjakan meski hanya ada di rumah saja. Kamu yang beranggapan tinggal di rumah sangat membosankan, mungkin kamu kerjanya hanya rebahan. Tetap bergerak, oke!
Teman-teman yang sedang membaca, perlu kita tahu.
Sebenarnya, Hal paling mendasar yang perlu kita lakukan saat ini adalah mendekatkam diri pada Sang Pencipta. Perlu kita ketahui bahwa apapun yang terjadi di dunia ini pasti atas kehendak Yang Maha Kuasa, termasuk wabah corona yang kini sedang terjadi. Sudah sepatutnya kita menyadari ini. Tuhan ingin mengingatkan kita atas setiap kelalaian yang kita lakukan, salah satunya dalam masalah kesehatan. Dengan adanya kejadian ini, diharapkan kita mampu menyadari kecil besar setiap kesalahan kita baik pada Tuhan maupun sesama.
Semoga kita diselamatkan dari pandemi ini, dan musibah ini bisa segera berakhir.
Stay at home, stay safe!


Alghifary Ma

Comments

POPULAR POSTS

ASUS ExpertBook B3 Flip, Laptop Convertible Unggul Dengan Konektivitas 4G LTE

Menikmati Sudut Kota Bandung

ASUS ExpertBook B7 Flip, Laptop dari ASUS yang Didukung Konektivitas 5G Dan Performa Kencang Untuk Para Profesional