Ragam Pesona Suguhan Alam Sumedang

Mengunjungi tempat-tempat wisata merupakan kegiatan yang akan selalu menyenangkan. Apalagi jika mengunjungi wisata alam yang menyuguhkan berbagai pesona yang menyejukan perasaan.
Di Indonesia, setiap daerah pasti memiliki banyak wisata alam seperti gunung, pantai, bahkan air terjun. Tak sedikit juga wisatawan yang memilih untuk naik ke gunung atau berenang di pantai daripada mengunjungi tempat-tempat seperti wahana bermain. Mereka merasa lebih tertantang jika mereka mengunjungi tempat-tempat berbau alam.
Salah satu destinasi tujuan untuk menikmati pesona alam di Indonesia adalah Jawa Barat. Daerah-daerah di Jawa Barat memiliki banyak destinasi wisata alam yang bisa dijelajahi. Dari sekian banyak kota dan Kabupaten di Jawa Barat yang bisa didatangi, Sumedang menjadi salah satu kandidat daerah yang menyediakan banyak sekali tempat wisata, termasuk wisata alamnya.
Sumedang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat. Sumedang terkenal dengan olahan tahunya, yaitu Tahu Sumedang. Sekalipun banyak orang yang tahu Sumedang dengan tahunya, di samping itu, ternyata Sumedang memiliki banyak potensi sumber daya alam lainnya, baik sektor kuliner, pariwisata, kerajinan khas dan masih banyak lagi.
Bicara tentang pariwisata di Sumedang, banyak sekali tempat-tempat yang disuguhkan Sumedang untuk mereka yang ingin mengeksplor lebih dalam kabupaten yang terkenal dengan tahunya itu, terutama untuk mereka yang menginginkan kesegaran alam untuk menantang adrenalin.
Banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi jika berkesempatan untuk berkunjung ke Sumedang. Mulai dari tempat wisata bertema air yang menyegarkan sampai nuansa perbukitan yang menyejukan. Jangan sampai kita melewatkan satu tempat saat bertamu kesana.
Diantara beberapa wisata alam Sumedang yang mempesona, saya berikan rekomendasi tempat wisata yang ingin saya kunjungi.

1. Curug Gorobog
From @uj_keheads
                Jika ingin merasakan kesegaran alam Sumedang, kita bisa mengunjungi salah satu destinasi air terjun atau orang Sunda bilang curug, yaitu Curug Gorobog.
                Curug Gorobog merupakan tempat wisata air terjun yang berlokasi di daerah Citengah, Sumedang Selatan dengan ketinggian sekitar 40 M. Sebelum kita tiba di lokasi Curug Gorobog, kita akan melewati berbagai macam suguhan hijau di sepanjang jalan. Juga, kita pun akan melewati beberapa lokasi wisata lainnya, seperti Kampung Karuhun. Lokasi Curug Gorobog juga berdekatan dengan hamparan kebun teh yang terkenal dengan nama Kebun Teh Bangbayang dan Margawindu.
                Bagi kalian yang ingin mengunjungi curug ini, akses menuju lokasi tergolong cukup mudah. Apalagi jika kita berada di Sumedang. Kita bisa menggunakan mobil atau motor karena akses menuju Curug Gorobog tergolong baik. Jika kalian berasal dari luar Sumedang, agar memudahkan perjalanan, kalian bisa membuat start point di Alun-alun Sumedang. Setelah itu, kalian bisa meneruskan perjalanan menuju lokasi Curug Gorobog yang berada di Citengah.
                Menurut sumber terbaru, tiket masuk ke Curug Gorobog berkisar Rp. 5.000, tapi mungkin ada kenaikan harga. Tersedia juga beberapa warung kecil yang menyediakan makanan ringan dan minuman. Ada juga Mushola dan toilet umum.
                Curug Gorobog memberikan visual yang memukau. Untuk kalian yang menyukai fotografi, disana tersedia banyak spot foto yang bagus untuk mengabadikan berbagai momen. Apalagi, lokasi kawasan hutan di sekitar curug pun masih terjaga, sehingga kesegaran yang kita dapatkan akan semakin memuaskan.
                Jika kalian tipe wisatawan yang menyukai kesegaran air yang mengalir di air terjun, Curug Gorobog menjadi satu tempat yang cocok jika kalian kunjungi jika datang ke Sumedang.

2. Tahura Gunung Kunci
From @hypnocreativemedia
                Setelah seru-seruan main air di Curug Gorobog, tempat witasa yang tak kalah seru adalah Tahura Gunung Kunci. Tempat wisata ini berlokasi di daerah Kotakulon, Sumedang Selatan. Tahura Gunung kunci merupakan tempat wisata yang memberikan nuansa berbeda. Selain alamnya yang menyejukan, terdapat juga beberapa benteng peninggalan Belanda pada masa penjajahan disana.
Lokasi Tahura Gunung Kunci ini cukup berdekatan juga dengan Alun-Alun Sumedang. Jika kita berangkat dari Alun-Alun Sumedang, kita akan lebih mudah untuk mengunjungi tempat tersebut. Bahkan, jalan kaki pun tak akan memakan waktu yang lama.
Selain suguhan alamnya yang berupa pepohonan, terdapat juga benteng yang menjadi peninggalan Belanda di Tahura Gunung Kunci tersebut dan menjadi objek wisata yang disukai oleh pengunjung. Benteng tersebut dibangun sekitar tahun 1914-1917. Di samping itu, banyak juga kisah-kisah misteri seputar benteng-benteng peninggalan Belanda yang berkaitan dengan tempat wisata ini.
Selain itu, alasan lokasi yang strategis pun menjadikan Taruha Gunung Kunci ini menjadi destinasi wisata wajib dikunjungi saat masa liburan tiba.
Jika kalian berniat untuk mengunjungi Curug Gorobog, ada baiknya kalian berkunjung terlebih dahulu ke Tahura Gunung Kunci.

3. Bukit Toga
From @danangagungputranto
                Bukit Toga merupakan salah satu destinasi wisata Sumedang bagi para pecinta alam. Bukit Toga berada  di daerah Sukajaya, Sumedang Selatan. Lokasinya terletak di sekitar Gunung Gadung.
                Untuk akses mengunjungi Bukit toga sebenarnya bisa mudah bisa susah. Mudah karena lokasi cukup dekat Alun-alun Sumedang, susah karena tidak ada angkutan umum menuju Bukit Toga. Jadi, bagi kalian yang ingin berkunjung disarankan untuk memakai kendaraan pribadi agar tidak terlalu terkendala.
                Daya tarik Bukit Toga adalah suguhan pemandangan luas yang memperlihatkan keindahan Sumedang dari ketinggian. Hamparan hijau dan juga gedung-gedung yang berjejer terlihat jelas saat kita bisa berdiri di atas Bukit Toga.
                Tak hanya suguhan pemandangan khas dataran tinggi saja, di Bukit Toga pun tersedia  olahraga paralayang yang bisa dimainakan oleh setiap pengunjung. Tarif yang dikenakan untuk sekali terbang sekitar Rp. 250.000, pengunjung akan terbang dari Bukit Toga dan mendarat di Pemurahan Toga. Tersedia juga paket outbond bagi pengunjung yang ingin merasakan keseruan lainnya.
                Tak hanya bukit saja, pengunjung pun bisa berkunjung ke Kampung Toga yang lokasinya berdekatan dengan lokasi Bukit Toga sendiri.
                Fakta unik tentang Bukit Toga, ternyata nama Toga merupakan singkatan dari Tanaman Obat Keluarga. Makanya, Bukit Toga disebut juga bukit tanaman obat-obatan.

4. Danau Biru Situ Cilembang
From @gagan_dhunter
                Situ Cilembang merupakan destinasi witasa Sumedang yang terletak di Desa Hariang Kecamatan Buahdua. Danau Biru merupakan danau yang terkenal karena airnya berwarna biru jika kita melihatnya saja. tetapi, sebenarnya airnya tetap bening dan jernih. Hal itu yang menjadi daya tarik yang membuat orang penasaran dan ingin melihatnya secara langsung.
                Lokasi Danau Biru sebenarnya cukup jauh jika kita berangkat dari Alun-alun Sumedang. Kita bisa melalui Jalan Utama Bandung-Cirebon, lalu melewati Jalan Cimalaka, dilanjut melewati  Jalan Tanjungkerta, Cigaruk hingga sampai di Desa Hariang. Atau, jika kalian merasa kesusahan, bisa memanfaatkan aplikasi peta di ponsel kalian.
                Tarif masuk kawasan Situ Cilembang ini tergolong cukup murah. Danaunya pun dijaga dengan sangat baik, karena air danau ini dipakai juga oleh warga sebagai kebutuhan sehari-hari.
                Tempat ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menikmati alam yang penuh ketenangan. Mengabadikan momen dengan warna biru yang memanjakan mata yang dikelilingi banyak pepohonan yang menenangkan. Must visit!
                Cukup banyak, bukan? Itulah beberapa wisata alam dari sekian banyak tempat wisata yang dimiliki Sumedang. Pasti akan sangat seru jika kita memiliki kesempatan untuk mengunjungi semua tempat tersebut.
 Beberapa ulasan tadi, bisa dijadikan travelling list untuk kita yang berencana mengunjungi Sumedang. Destinasi tadi wajib banget dikunjungi  sama kalian, terlebih lagi, jika kalian adalah para pecinta alam yang haus akan keindahan dari sebuah ciptaan Tuhan.
Happy holiday!



Referensi:










Comments

POPULAR POSTS

ASUS ExpertBook B3 Flip, Laptop Convertible Unggul Dengan Konektivitas 4G LTE

Menikmati Sudut Kota Bandung

ASUS ExpertBook B7 Flip, Laptop dari ASUS yang Didukung Konektivitas 5G Dan Performa Kencang Untuk Para Profesional